jam

daftar pengunjung

Perbedaan Ninja RR (Lokal/CKD) & KRR CBU (Thailand)

Thursday, July 18, 2013

print this page
send email

Perbedaan Ninja RR (Lokal/CKD) & KRR CBU (Thailand)

KRR-ZX150 Ninja 150 dibagi menjadi tiga varian, yaitu Ninja R atau S, ninja VR dan ninja RR atau KRR 150. KRR 150 atau lebih dikenal sebagai ninja RR 150 itu adalah versi Indonesianya. Versi Thailand adalah ZX 150.
Setelah November 2006, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tidak lagi memboyong ninja dari Thailand dan sudah CKD disini. Makanya jika Anda memperhatikan stiker RR dibuntut kiri-kanan agak beda warnanya, yang lama (CBU) warna gold dan yang baru merah putih.
Bedanya, yang stiker gold masih menggunakan blok mesin 1878 dan yang baru sudah menggunakan 1855 plus HSAS untuk varian ninja RR 150.
Perbedaan lain dari varian Ninja 150 :
1- Ninja R tidak ada fairing, karbu Keihin 26, KIPS
2- Ninja VR fairing batok lampu, karbu keihin 26, KIPS
3- Ninja RR full fairing, karbu mikuni 28, SuperKIPS
Sementara, beda dari ninja RR 150 ato KRR 150 dengan versi Thailandnya, yaitu ZX 150 adalah:
*ZX velg warna putih, RR warna hitam
*ZX tidak ada lampu senja, RR ada
*ZX top RPM 13.000rpm. Sementara RR antara 10.000-11.500rpm max ( terletak di mesin yang disebut “automatic speed limiter”)
Blok mesin berkode 1878 kata orang adalah blok legend. Agar blok 1855 nambah top speednya, besarkan saja lubang exhaustnya dan papas head sedikit biar top speednya tambah, tapi ingat jangan terlalu ekstrem, nanti motor malah tidak lari.
Menurut om “Kampret” Star Motor and om Aciu eks Dirgantara Yamaha, kalau untuk spek Ninja RR, sedikit saja kalau derajat papas dan lubangnya bisa luar biasa hasilnya. Tidak usah neko-neko beli parts racing, tapi kalau knalpot harus diganti biar free pembuangannya.
Untuk warna, contohnya, sekilas biru ZX-KRR dan RR nyaris sama, padahal ada sedikit perbedaan. Ninja ZX-KRR sedikit lebih gelap (lebih oke kualitas material/bahan catnya kata orang yang melihat). Begitu pula dengan warna silver. Perbedaan warna akan terlihat jelas jika keduanya dijejerkan di bawah terik sinar matahari atau temaran lampu.
Jika dicermati dengan teliti, perhatikan baik-baik kualitas bahan fairing dan bodi, ketuklah. Maka versi CBU Thai sedikit lebih tebal dan padat.
Biasanya ZX-KRR yang langsung diimpor dari Thailand, di sejumlah titik terdapat informasi petunjuk berbahasa thai, dengan huruf-huruf ‘cacing’ tentunya. Misalnya di tabung shock belakang, speedometer, atau di segitiga.
Jika tertarik membeli versi ZX-KRR seken, untuk membedakannya, cek STNK. Karena sekarang banyak penjual nakal mengaku-ngaku ZX-KRR Thailand, padahal belum tentu. Di STNK ZX-KRR asli akan tertulis Type: ZX 150, jika tidak itu adalah lokal, atau diimpor dari Thailand via KMI (untuk tahun 2002-2006). Hati-hati terhadap sticker imitasi ZX-KRR (karena sangat berbeda dengan yang asli), yang diakui penjual yang nakal sebagai yang orisinil. Selain itu tulisan Kawasaki di tangki ZX berwarna hitam, dan biasanya RR CKD warna putih dan sebagainya.
Pendapat lain:
Kalau mesin lansiran thn 2006 kebawah, bloknya ada yg 1878 & 1875. Kalau November 2006 ke atas adalah blok 1855.
Perbedaan secara signifikannya, kalau yang 1878 , dia punya seher itu rapet beserta dengan stangnya. Maka dari itu, dia punya tarikan tengah dan atas lebih dahsyat.
Sedangkan yang 1855 , dia punya seher beserta dengan stangnya agak celong dan tidak rapat. Maka dari itu, tarikan bawahnya lebih galak dibandingkan dengan tarikan atasnya.
KRR tahun 2002 – 2006 khususnya yang ZX atau KRR atau RR CBU, termasuk RR yang dimasukkan via KMI belum pake HSAS (High Performance Secondary Air System). Sedangkan yang tahun di atasnya, sudah pakai HSAS.
Sebenarnya HSAS ini menghambat lajunya motor, makanya banyak yang dilepas supaya motor bisa ngacir. Keluaran sekarang, konon super KIPS-nya suka nyangkut. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penyakit yang kadang ditemui pada KRR CBU adalah skep karbu suka nyangkut, untuk mengakalinya diganti dengan PWK 28, PE 28 NSR dan sebagainya.
Pendapat berikutnya:
Sebenarnya karakter mesin dari KRR sendiri itu punya 4 blok mesin yang berbeda (1878, 1875 yang silver & gold , dan 1855 ). Itu yang menyebabkan KRR ini mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Konon kabarnya kalau yang dipake buat balap atau road race, blok yang 1878 silver (tapi pendapat ini tidak sepenuhnya benar, karena pada OMR kawasaki Ninja 150, hampir semua blok pada ikut, bahkan pemenangnya 1855, yang mungkin versi pdk gold)
Blok mesin kode 1878 konsumsi BBM-nya 1 liter bisa sampe 25 km, kalau kode 1855 kabarnya bisa sampe 30-35 km
Jadi kesimpulannya:
NINJA RR dan KRR sami mawon, alias sama aja. Cuma KRR/RR lama itu CBU dari Thailand dan model lama yang didatangkan oleh KMI punya sticker di fairing bawah bertuliskan ‘Ninja’ dan di buntut ‘RR gold”, sedangkan yang masuk via importir umum adalah sticker ZX gold dibuntut, dan tulisan ‘KRR’ di fairing bawah, sementara RR yang keluaran November 2006 ke atas sudah CKD (Completely Knock Down) alias sudah diassembly di sini.
Pelek ZX-KRR Thailand putih, RR CBU atau CKD hitam. Blok mesinnya beda, ZX-KRR Thai / RR CBU berkode 1878, power konon sedikit lebih besar, RR 1855 lebih ngejar akselerasi dan emisi buang supaya dapat Euro2.
Jadi bro n sis, yang punya atau memakai  KRR/RR/R sama saja, banggalah karena motor ini termasuk legend, bahkan KMI mengekspor ke negara Amerika Latin (Ninja  R), dan dulu Thailand pernah mengekspornya (KRR) ke benua yang sama. (Berbagai Sumber)

33 comments:

  1. Siip..., mksh gan info agan pntg bgt bwt ané...

    بركالله فـــــــــــــــــــــــــــيك...

    ReplyDelete
  2. Sangat membantungan, akhir taun mau minang th 2011 hijau, 18,5 juta kemahalan gak ya. Tp no PR bnr bnr standart,kmrin cod

    ReplyDelete
  3. RR w blok nya 1855 itu beneran blok ori nya atau bukan takut nya copotan dri ninja r...
    Maaf ane pemula soal ninja...
    Tolong bales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami mawon om klo blok 1855 bisa bwt ninja r/rr

      Delete
    2. R/RR skrg semua pake blok 1855, kecuali yg zx thailand bloknya msh 1878

      Delete
  4. hallo mas bro,sy mau nanya soalnya sy br beli motor bututnya ninja nih,kndisinya btl2 mnggenaskn,sy mo gnti piston ring tp bingung nih soalnya d piston tdk tertulias a atw b,dan lagian bloknya berkode 1724,gmn nih mas bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tinggal diseputaran bogor dn sukabumi bawa aja ke ahlinya kie 85 motor, recomended bgt bengkelnya, ahlinya 2 tak itu kokonya

      Delete
  5. Tolong sarannya dong ane mau ganti blok ninja ss thn 2011 🙏 Kalau ninja ss mending pake Blok 1878 / 1855?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sama aja, msg2 punya kelebihan, 1878 enak buat putaran menengah sampe atas, tpi agk lemot putaran bawah, klo 1855 enak buat akselerasi/putaran bwh, tpi agak lmh diputaran atas, tergantung selera gan, tpi klo mo pake 1878 enaknya sekalian pake kruk as zx

      Delete
  6. Maaf om mau nanya.motor saya ninja rr 2009.misalkan saya pngn ganti kruk as zx pen 16.tapi blok pake 1855,bisa engga .apa aja yg harus di rubah.mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nda ada ada masalah mas, bisa kok, sebetulnya yg spesial pada zx itu adalah kruk as nya bukan blok nya tapi karna stigma orang" 1878 blok dewa, dan blok 1878 mengandung klo nda salah liner super electrofusion(teknologi nya kawasaki)makanya nda bisa di colter/korter

      Delete
  7. Maaf om newbie mau nanya, kalo ninja RR 2003 bulan February apakah pasti CBU?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

      Yok Tobat Kawan Dan Jangan Lupa Sholat Dan Sholawat😁😊

      Delete
  8. Yg mau nyetting ninja/ atau pun motor selain ninja, bisa dateng ke bengkel om aciu eks dirgantara yamaha, ane kenal deket sama om aciu. Alamat nya di citereup desa leuwinutug no.89 posisi bengkel pinggir, yg mau tau lebih lanjut bisa kontek ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acimo yaa, dulu pembalap nya deny chempes yaa kalo nda salah

      Delete
  9. Masih bingung soal shockbreaker kq ada dua seri ya 45014- 0349 dan 45014-1657
    ..mohon pencerahan

    ReplyDelete
  10. Gan kalo zx silver itu produksi tahun berapa ya

    ReplyDelete
  11. Om bagi wa dong mau sharing soal zx hehe

    ReplyDelete
  12. Hahaha yg bikin ini pasti anak rx. Yg otak ya kdng eror. Yg tua bagus haha..
    Brand motor ada Yamaha dan Kawasaki.
    Setuju klo Yamaha itu yg tua bloknya memang lebih kuat.
    Beda sama

    Kawasaki.. Kawasaki itu brand motor khusus sport. Yg baru diperbaharui semakin baik.


    Sok tau yg bilang bagusan blok tua.
    ZX pasti kalah top speed sama RR kapsul 2007-2012.
    Kapsul pasti kalah sama yg New.

    Anndd siapa yg bilang hsas memperlambat speed. Kawasaki tetap nomor satu kecepatan. Hsas berfungsi utk gas buang. Agar sesuai Standar Euro.
    ZX itu justru asapnya bahaya.

    Ending.. akhirnya
    Ketemu dijalan BALEP


    Salam waras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, motor itu mengikuti seiring perkembangan zaman. Mulai dari bahan dasar blok mesin beserta se isi nya. Karna motor zaman dulu masih keker bahan nya beda sama motor yg skrg lebih "ringkih". Tapi mohon maaf sy nda setuju zx kalah sma rr CKD dan NEW(tahun muda). Klo masalah kuat kuat an mesin jgn disamain mas, zx build thailand sedangkan rx king build nya japan ( kode blok japan lho) jadi saya pegang rx king masalah kuatan mana. Tapi balik lagi, ini sama" motor tua, ya tau sendiri pasti yg namanya barang pasti ada umur nya, manusia aja ada umurnya. Kalo masalah ketemu dijalan balep balep an saya mundur mas, ga biasa di di jalan raya, tapi disentul hehee peacee

      Delete
  13. Lebih baik !!! Jangan mudah percaya sama tulisan beginian. Ini termasuk salah satu mainan politik dunia motor.

    Kawasaki ,, semakin baru semakin diperbaharui teknologi ya dan semakin canggih.
    Walau kata ya sama ZX old dan New
    Ada sesuatu beda di dalam mesinnya (rahasia pabrik) makanya kalo punya motor dijaga. Awas hati hatu bengkel nakal yg suka nuker2in part.
    Yg begini bahaya tua dibilang lebih bagus..

    Contoh lain
    Ninja 250fi sekarang 2021 semakin teknologi ya canggih. Dibanding 250 fi 2016.
    Yuukk berani tes sama yg barunya.
    Begitu juga RR atau kelas 2 tak ya.


    Gak bener ini tulisan berita begini..
    Sesat !!!

    ReplyDelete
  14. Yok tobat, jauhi maksiat, dan jgn lupa sholat

    ReplyDelete
  15. Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

    Yok Tobat Kawan Dan Jangan Lupa Sholat Dan Sholawat😁😀

    ReplyDelete
  16. Jgn perlihatkan aurat perempuan maupun laki2

    ReplyDelete