jam

daftar pengunjung

MENUTUP HSAS pada NINJA 150 R/RR

Thursday, July 18, 2013

print this page
send email

MENUTUP HSAS pada NINJA 150 R/RR


Bagi pengguna Ninja 150 EURO -2 pastinya sudah tidak asing lagi HSAS (High Performance Secondary Air System) yaitu sebuah tehnologi yang dapat membantu membuat gas buang Kawasaki Ninja 150 R/RR lebih Ramah linggkungan..

HSAS merupakan Sistem saluran yang menyuntikkan udara bersih ke dalam chamber (ruangan) yang menjadi muara gas buang dari ruang bakar melalui mekanisme reed valve (katup buluh) yang membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah dan masuk kesaluran buang (knalpot) melalui valve superKIps saat RPM rendah /di bawah @7000 rpm..
Intinya tugas utama dari HSAS adalah membantu Fungsi Catalytic Converter pada Knalpot Ninja 2 Tak untuk memurnikan gas CO(karbon Monoksida) & HC (hidrokarbon) menjadi CO2 (karbon dioksida) serta H2O (air) yang tidak beracun..
Jadi gimana kalo Ninjanya sudah pake knalpot racing (yang tidak menggunakan Catalik converter) seperti sipaIJO, yaaa jelas lah HSASnya mandul atawa kurang efektif lagi..

Oleh karena itu, Banyak Pengguna Ninja 150 R/RR yang sudah mengganti knalpotnya dengan knalpot after market (Knalpot racing) atau membobok /melepas CC kenalpot standard ‘menDISFUNGSIkan’ teghnology yang satu ini, dan caranya pun berVariasi, menurut mereka efeknya akselerasi jadi lebih Hot..
Klo Saya cukup sumbat aja pake Baut lobang inlet HSASnya kemudian pasang lagi karetnya..

Atau bisa juga dengan menutup pergerakan katup buluh atau meluruskan pembatas gerak katup sehingga tidak lagi bisa memasukkan Oksigen ke saluran Buang (knalpot)..
Yang Saya rasakan suara mesin lebih senyap / hening karena absenya suara Hsas saat aktif..
Oia satu lagi, motor jadi lebih mudah di stater walau lama gak di pake (gak pernah pake choke)
Semua tulisan ini hanya lah asumsi Pribadi Saya, mohon koreksi nya bila di rasa Perlu Bro..
PISS..

0 comments:

Post a Comment