jam

daftar pengunjung

Ciri-ciri kiprok / regulator ninja rr rusak dan cara memperbaikinya

Friday, July 19, 2013

print this page
send email
kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dengan kiprok / regulator ninja rr. Fungsi kiprok secara sederhana adalah sebagai pembagi arus yang (stabil) dari spul / generator motor ke aki, lampu, dll sesuai dengan voltase yang dibutuhkan, jika aki sudah penuh, maka yang namanya dioada zener akan membuang kelebihan tersebut melalui ground atau massa yang di tempelkan pada body motor, paham ? (semoga tidak).
Ciri-ciri jika kiprok rusak antara lain sebagai berikut :
  • 1. Aki cepat soak, karena tegangan yang di kirim tidak sesuai standar
  • 2. Akit tidak mau cas, karena tegangan kurang
  • 3. Lampu depan cepet putus, karena tegangan tidak sesuai
  • 4. Lampu depan redup, digas tambah redup (ini yang terjadi di ninin saya)
Btw, si ninin ini menganut mahzab halfwafe, bukan fullwafe karena itu nyala terangnya lampu tergantung dari putaran mesin, dan dikontrol oleh kiprok, nah kalo kiprok rusak jadi ga ada yang ngontrol mas bro.
Bagi yang punya uang lebih dan suka ber eksperimen, bisa di murtadkan ke fullwafe kiproknya juga di murtadkan ke kiprok tiger, agar bisa fullwafe, dan sedikit memodifikasi generator /spul.
Untuk memperbaikinya ikuti langkah berikut :
  • 1. Beli kiprok untuk ninja rr (harga kisaran 130rb)
  • 2. Biasanya anda akan disodori kiprok baru, betuk soketnya seperti kubus, bukan seperti soket yang lama (memanjang)
  • 3. Soketnya harga sekitar (8rb)
  • 4. Lakukan modifikasi sedikit untuk urutan kabel, jangan sampai kebalik nanti bisa konslet (kayak punya saya), sekringnya putus.
kiprokninjarr
Untuk urutan kabelnya :
  • 1. Regulator / kiprok lama (dilihat dari belakang, tempat nyolokin kabel) dari kanan : kuning, item, biru, putih
  • 2. Regulator / kiprok baru (dilihat dari belakang, tempat nyolokin kabel) dari kanan dua, bawah kanan dua : item, biru , kuning, putih.
  • 3. (yang old kiprok dilihat dari depan, bukan belakang), yang new kiprok dilihat dari       belakang, JANGAN SAMPAI KEBALIK YA!!!

0 comments:

Post a Comment