Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor
- Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih
bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang
bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih
kecil
Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan…
Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.
- Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti
memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan
campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur
menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan
bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa
mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah
umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka
memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas
caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder
head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang
bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok
yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr
Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.
- Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau
turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi
tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi
serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada
saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain
memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar
lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu
mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk
atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold
yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus
melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting.
membuka filter udara adalah cara yang paling mudah
-
Bathtub Cylinder Head by. RAT
- Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara
membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin.
Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha…
sama gak sih?!
Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho…
Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut…
Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
- Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.
- Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor? Cape deh…
Kalo
gw boleh jujur sama kalian,gw mengibaratkan motor itu sebagai cewek
atau yang lo anggap special,jd kalo lo mau ngerubah tunggangan
lo,pikirin dulu dampaknya biar ga jadi hal yang sia-sia.
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator ,kemarin gw telah beri ulasan di tips korek mesin yang gw buat,tetapi gw belum kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar
diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3
semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor,di blog
gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi kenceng bisa maenin
karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih
besar ,tapi gw saranin buat motor yang benar-benar standar lo naikin
spuyer jangan terlalu besar minimal lo naikin 5 sampai maksimal 10,tapi
kalo lo mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu lo,biasanya ada
batasan buat ngelemer karbu lo,gw saranin lo lemer 1,5 sampai 2mm,itu
juga ga bisa lo kerjain sendiri lo musti singgah ke tukang bubut.
Jadi
gak bisa sembarangan and lo anggap enteng karna kalo lemer karbu
resikonya sangat besar,karbu lo gak bisa di balikin jadi standar lagi
dan kalo salah sedikit aja pada lemeran lo itu berakibat motor lo susah
di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat
pemula lo cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di
balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :

Buat yang satu ini gw gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran gw CDI
atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa
ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor lo alias
MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,lo liatkan gambar diatas ada 2
CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI
racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI
yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal
karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa
lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI
standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh
karna itu gw saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang
satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING
kalo lo mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI
yang di jual di TOKO AKSESORIES,tapi gw punya temen yang bisa ngatasin
masalah lo sama perangkat pengapian ini,karna temen gw ini bisa bikin
CDI standar jadi CDI racing,kalo lo penasaran lo bisa kontak temen gw
ini,atau lo bisa langsung datang ke markas CCMS di daerah pedurenan Jakarta selatan,atau lo kontak (021 95439940) AMBONK.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN
AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar
yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor
kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para
tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
SELAMAT MENCOBA WASSALAM SYALOM………. !:D
Terimakasih infonya sangat membantu
ReplyDeletesalam
mobilbarusuzuki-makassar
Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa garut,sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari KI SULTAN AGUNG sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh yakin dan melaksanakan apa yang di sampaikan KI SULTAN AGUNG, semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari alhamdulilah akhirnya KI SULTAN AGUNG membantu saya pesugihan dana gaib 10M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di JOGJA, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SULTAN AGUNG di 085242892678 atau kunjungi websitenya agar lebih di mengerti KLIK DISINI tidak lansung datang ke jawa juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. alhamdulillah hasilnya sama baik
ReplyDelete